Minggu, 02 Agustus 2015

BERAPA BIAYA TINDAKAN KATETERISASI PADA PENYAKIT JANTUNG KORONER



Penyakit Jantung Koroner atau sering disingkat PJK adalah suatu penyakit dimana pembuluh darah yang mensuplai makanan dan oksigen untuk otot jantung mengalami penyumbatan. Penyumbatan paling sering terjadi diakibatkan karena adanya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah koroner. Penyakit ini dapat berakibat fatal jika tidak segera diatasi. Adapun salah satu cara untuk mengatasi penyakit jantung koroner adalah dengan memperlebar pembuluh darah dengan mengkonsumsi obat misalnya. Selain itu, sumbatan pada pembuluh darah juga dapat diatas dengan pemasangan cincin logam (stent).
Dewasa ini, kemunculan berbagai penyakit yang disebabkan oleh pola makan dan pola aktivitas yang tidak baik semakin meningkat seiring dengan semakin berkembangnya gaya hidup seseorang. Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang jumlah penderitanya selalu meningkat dari tahun ke tahun,dimana semua orang bisa mengalaminya,baik tua atau muda,baik pria atauwanita.
Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat sekarang ini,banyak metode tindakan medis yang dilakukan untuk mengetahui seseorang menderita penyakit jantung koroner di antaranya adalah tindakan EKG, tes Treadmil, atau CT scan jantung, harus dikonfirmasi dengan kateterisasi jantung untuk memastikan ada tidaknya penyempitan koroner, berat ringannya penyempitan, dan lokasi penyempitan

Apa itu Kateterisasi Jantung

Walaupun merupakan pemeriksaan yang canggih dan cukup mahal, saat ini kateterisasi jantung atau angiografi koroner sudah dikenal luas oleh masyarakat dan merupakan tindakan yang sangat di sarankan oleh dokter kepada pasien Tingkat akurasi pemeriksaan ini dalam mendiagnosis penyakit jantung koroner merupakan yang tertinggi dibanding pemeriksaan lainnya. Boleh dikatakan mendekati 100%.

Tindakan pemasangan stent atau PCI (Percutaneous Coronary Intervention) dan bedah bypass koroner ata CABG (Coronary Artery Bypass Grafting u) mutlak harus berdasarkan hasil pemeriksaan kateterisasi jantung.
Kateterisasi jantung tidak hanya untuk melihat pembuluh koroner,Kateterisasi jantung juga dapat memeriksa tekanan dan saturasi oksigen ruang-ruang jantung dan pembuluh darah besar (aorta, paru, dan vena kava).
Pemeriksaan ini bertujuan untuk diagnostik dan persiapan tindakan lebih lanjut pada penyakit-penyakit jantung bawaan dan katup jantung tertentu

Dasar pemeriksaan kateterisasi jantung sangat sederhana sebenarnya,kateter semacam slang kecil berukuran tidak lebih dari 2mm yang dimasukan melalui pembuluh darah radialis(pergelangan tangan) ataupun pembuluh darah femoralis yang ada di kaki sampai ke pangkal pembuluh koroner.melalui kateter ini kemudian di suntikkan zat kontras sehingga pembuluh darah koroner dapat terlihat dan di buat film dengan menggunakan sinar X.jika tedapat penyempitan atau penyumbatan pembuluh koroner akan nampak pada film

Bekaitan dengan harga biaya tindakan kateterisasi penyakit jantung koroner sangat bervariatif tergantung kebijakan yang di terapkan setiap rumah sakit.

Untuk informasi biaya dan pendaftaran kateterisasi Dan PTCA melalui Weekend Service Rs.Jantung Harapan Kita

Silahkan hubungi
Rs.Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita
021 5684085 ex.4201
Terima kasih semoga bermanfaat 








 

3 komentar:

  1. Nicee infonyaa.....sangat membantu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum.. Selamat pagi, mo tanya kalo biaya untuk EKG dan Koansul kira2 brp yah ? Makasih

    BalasHapus